Center Line

concepts

Untuk memahami konsep centerline, kita bisa menggunakan analogi buah. Ketika seseorang hendah membelah jeruk, ia akan mengambil garis tengah agar jeruk tersebut terbelah menjadi dua sama besar. Garis potong tengah itu adalah centerline.
Ketika kita sedang kontak dengan lawan, tangan penjaga depan (lead guard hand) dan tangan penjaga belakang (rear emergency hand) yang kita kenal dengan istilah “wu sau” keduanya terletak di garis tengah (centerline). Posisi garis ini dapat membant untuk mendeteksi, atau memperkirakan arah datangnya serangan sehingga kita dapat memutuskan serangan mana yang akan kita lancarkan ke lawan. Ketika konsep centerline dapat digunakan dengan benar, maka serangan lawan akan keluar dari centerline kita, dengan kata lain, serangan lawan akan meleset ke kanan atau kekiri sehingga arah pukulan tidak mengenai sasaran. Dalam situasi ini, bagi lawan serangan alternatif lain yang dapat digunakan adalah memecah centerline kita dengan menggunakan kekuatan, bagaimanapun, kita masih dapat memanfaatkan kekuatan itu dengan menggunakan perputaran rotasi/ Yu Ma.
Oleh karena itu kita tetap harus rileks dan lembut selama berpegang pada prinsip dasar wing chun meskipun kita sedang menghadapi lawan yang agresif. Jika kita mengikuti prinsip wing chun dan mempertahankan centerline dengan benar, dengan sendirinya lawan akan bingung. Hal ini, pada gilirannya, memberikan umpan yang kita perlukan untuk menjatuhkan lawan.
Ketika kita hendak menyerang lawan, kita ingin pukulan kita kepada lawan memiliki efek yang maksimal. Kita ingin kekuatan yang kita hasilkan mengenai lawan. Jika kita menginginkan lawan menerima kekuatan dan serangan, maka jangan biarkan lawan dapat berputar (yuma) untuk mengembalikan/atau mematikan serangan kita. Ini menjadi alasan kenapa kita harus menyerang melalui titik tengah (centre).
Ketika pukulan kita mendarat dengan tepat ke bagian tengah lawan, tubuh lawan akan menyerap semua energi yang datang dan akan terpental ke belakang. Pukulan center wing chun umumnya akan mengasilkan energi berlipat jika pukulan itu datang dari dalam centerline.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s